SEKILAS INFO
: - Senin, 30-01-2023
  • 1 tahun yang lalu / Ujian Sekolah tinggal menghitung hari, pergunakan waktumu sebaik mungkin untuk belajar.      
  • 1 tahun yang lalu / Bulan Ramdhan tinggal menghitung hari, mari sucikan diri dan hati memohon ridho Ilahi
PERAN KOPERASI NIAGA “PUNGGUR JAYA” DALAM MENGEMBANGKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK

Punggur,13/04/2022.   Pembentukan karakter peserta didik tidak hanya dilakukan selama prose pembelajaran, akan tetapi bisa dilakukan di luar proses pembelajaran, salah satu wadahnya adalah koperasi sekolah. Koperasi sekolah merupakan salah satu bentuk layanan pembinaan peserta didik yang diberikan oleh sekolah di bidang kepeserta didik an. Hal tersebut sudah dimulai dilaksanakan di SMPN 1 Punggur, Peserta didik dilibatkan dalam pengembangan koperasi niaga Punggur Jaya, dengan harapan jiwa kewirausahaan seluruh peserta didik SMPN 1 Punggur akan berkembang. Dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan peserta didik, koperasi niaga, Punggur Jaya menerapkan 2 indikator; dalam bidang ekonomi dan sosial.  Pada bidang ekonomi peserta didik diajarkan bagaimana memberi layanan yang baik kepada pembeli, peserta didik secara bergantian bertugas di koperasi dengan tujuan, para peserta didik belajar menawarkan barang, mengembangkan sikap kujujuran, serta mengetahui bagaimana menjaga keseimbangan antara permintaan dan penawaran barang.

Sementara peran koperasi sekolah dalam bidang sosial adalah mendidik para peserta didik untuk selalu bekerjasama dan dapat menyelesaikan sebuah masalah, menumbuhkan sikap empati kepada seluruh anggota koperasi, dan selalu menumbuhkan rasa persaudaraan dan kekeluargaan.  Kesemuanya itu sesuai dengan tujuan dan prinsip koperasi, yaitu dalama melaksanakan kegiatannya selalu bekerjasama dengan semua anggota untuk mencapai kesejahteraan anggotanya.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa koperasi Niaga Punggur Jaya, dilaksanakan  tidak hanya semata-mata untuk memenuhi kebutuhan warga sekolah, akan tetapi hal yang paling utama adalah menumbuhkembangkan jiwa wirausaha para peserta didik sebagai anggota koperasi. (HW/2022)

TINGGALKAN KOMENTAR

Daftar Guru

Video Terbaru