SEKILAS INFO
: - Senin, 25-09-2023
  • 2 tahun yang lalu / Ujian Sekolah tinggal menghitung hari, pergunakan waktumu sebaik mungkin untuk belajar.      
  • 2 tahun yang lalu / Bulan Ramdhan tinggal menghitung hari, mari sucikan diri dan hati memohon ridho Ilahi
MENYONGSONG RAMADHAN 1442 H / 2021 M

Alhmdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah. Tinggal menghitung hari dalam sepekan di bulan April 2021, kita umat muslim memasuki bulan romadhon 1442 H.  Bulan Romadhon merupakan  satu bulan dalam bulan bulan qomariah yang dinanti nanti.

Seluruh umat Islam sedunia menantikan kedatangan bulan suci Romadhon,  bukan tak beralasan umat Islam menantikannya, karena Bulan Romadhon adalah bulan yang sangat istimewa yang memberikan banyak kesempatan bagi umat muslim mengumpulkan banyak pahala. Bukan hanya ibadah puasa, berbagai amalan lain yang dilakukan di bulan Ramadan akan menjadi amalan yang berlipat ganda pahalanya.

Alqur’an surat Albaqoroh ayat 183 sbb:

Wahai orang orang yang beriman, Telah diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang orang sebelum kamu, supaya kamu bertakwa.

Artinya, Alloh telah mewajibkan umatnya Nabi Muhammad Sholallohu Alaihi wassalam untuk berpuasa seperti umatnya para nabi sebelum nabi Muhammad SAS.  Umat-umat sebelumnya juga telah diwajibkan berpuasa hanya puasanya berbeda dengan puasanya umat Nabi Muhammad SAS. Seperti puasanya Nabi Daud adalah sepanjang tahun denga selang seling tia harinya, seahri puas sehari tidak, beitu seterusnya. Waktunya  dari matahari terbenam sampai matahari terbenam lagi.  Puasanya umat Muhammad SAS adalah sebulan di Bulan Romadhon yang tiap harinya berlangsung dari terbit matahari sampai terbenamnya matahari, dari adzan subuh sampai adzan maghrib. Disunahkan mengahirkan sahur dan mengawalkan berbuka, artinya sahurnya diahirkan mendekati waktu adzan subuh dan berbukanya diawalkan waktunya setelah adzan maghrib.

Dengan menjalankan kewajiban ibadah puasa semata mata mengaharap ridho Alloh akan mendapatkan predikat takwa.  Dengan menjalani ibadah puasa akan memotivasi diri untuk menjalani ibadah ibadah lain seperti membaca Alqur’an, sholat berjamaah di masjid, bersodaqoh dan amal amal ma’ruf lainnya.  Diatu sisi dengan ibadah puasa itu akan lebih mengendalikan diri dari perbuatan keji dan munkar.

Hendaknya kita mempersiapkan diri untuk memasuki bulan romadhon agar ibadah puasa dan ibadah ibadah lainnya bisa lebik baik di bulan romadhon nanti.  Kita mesti menguatkan niat untuk berpuasa romadhon sebulan penuh, menjalani keutamaan keutamaan ibadah di bulan romadhon dan menjauhi hal hal sia sia yang dapat merusak ibadah puasa, apalagi dapat membatalkan ibadah puasa. [krs-2021]

5 komentar

ETIK, Kamis, 22 Apr 2021

Semoga keberkahan selalu ada pada kita semua….Amiin ya Robalalamin

Balas

Drs. Karsono, Kamis, 22 Apr 2021

Kita mesti luruskan Niat, Kuatkan amal dan Sucikan pikiran

Balas

Tutik Iriani, Kamis, 22 Apr 2021

Alhamdulillah semoga puasa kita diterima Allah SWT.

Balas

Puranti Gombong, Kamis, 22 Apr 2021

Selamat menjalankan ibadah puasa, smg di puasa ramadhan ini dapat meningkatkan kualitas iman dan taqwa

Balas

Wahyu Tri Sutrisno, S.Pd., Kamis, 22 Apr 2021

Mudah-mudahan selalu diberikan kesehatan agar selalu bertemu dengan bulan yang penuh berkah ini.

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Kontak Kami

Alamat : Jl. Pendidikan No. 2 Tanggulangin, kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah.