SEKILAS INFO
: - Minggu, 23-06-2024
  • 3 tahun yang lalu / Ujian Sekolah tinggal menghitung hari, pergunakan waktumu sebaik mungkin untuk belajar.      
  • 3 tahun yang lalu / Bulan Ramdhan tinggal menghitung hari, mari sucikan diri dan hati memohon ridho Ilahi
Siswa Kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Punggur Belajar Mengontekstualisasi Kewirausahaan Street Food

Punggur, 22 September 2023 – Siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Punggur melaksanakan kegiatan pembelajaran P5 dengan tema “Mengontekstualisasi Masalah di Lingkungan Terdekat”. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 jam pelajaran (120 menit) pada hari Jumat, 22 September 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengontekstualisasi masalah di lingkungan terdekat. Dalam kegiatan ini, siswa diajak untuk mengumpulkan data, menggali ide/kreativitas, merencanakan tujuan, dan gagasan projek/produk.

Guru berperan sebagai fasilitator dalam kegiatan ini. Guru memberikan materi dan arahan kepada siswa, serta memfasilitasi siswa dalam proses diskusi dan presentasi.

Materi/media yang digunakan dalam kegiatan ini adalah HP Android yang digunakan sebagai sumber analisis data sekunder dan Lembar Kegiatan Siswa secara individual yang isinya akan memandu siswa saat menganalisis data.

Kegiatan ini dimulai dengan guru memberikan penjelasan tentang tujuan dan langkah-langkah pembelajaran. Selamat kurang lebih 30 menit, siswa bekerja secara individual untuk mengumpulkan data tentang kewirausahaan melalui situs yang direkomendasikan oleh guru. Situs tersebut diakses melalui link https://s.id/Situs1, https://s.id/Situs2, https://s.id/Situs3, https://s.id/Situs4, dan https://s.id/Situs5 .

Selanjutnya, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diberikan tugas untuk mengumpulkan data tentang masalah di lingkungan terdekat. Setelah data terkumpul, siswa diajak untuk menggali ide/kreativitas untuk memecahkan masalah tersebut. Siswa juga diajak untuk merencanakan tujuan dan gagasan projek/produk yang akan dibuat untuk memecahkan masalah tersebut.

Pada akhir kegiatan, setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya. Guru dan siswa memberikan tanggapan dan saran terhadap hasil presentasi tersebut.

Kegiatan pembelajaran P5 ini dinilai berhasil. Siswa terlihat antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan. Siswa juga mampu mengontekstualisasi masalah di lingkungan terdekat dengan baik. Di sini, hampir semua siswa telah terlihat sangat berkembang dalam hal kerjasama.

Berikut adalah beberapa tanggapan siswa tentang kegiatan pembelajaran kontekstual ini:

  • “Kegiatan ini sangat menarik karena kita bisa belajar memecahkan masalah di lingkungan sekitar kita.” (Aulia, siswa kelas VIII-7)
  • “Saya senang bisa belajar dengan cara yang menyenangkan. Saya juga bisa belajar untuk berpikir kreatif dan inovatif.” (Rizky, siswa kelas VIII-7)
  • “Kegiatan ini sangat bermanfaat. Saya bisa belajar untuk memecahkan masalah secara mandiri.” (Ayla, siswa kelas VIII-7)

Guru pembimbing, Gunanto, S.Pd., mengatakan bahwa kegiatan pembelajaran kontekstual ini akan terus dikembangkan di SMP Negeri 1 Punggur. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah secara kontekstual.

“Kegiatan pembelajaran kontekstual ini sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Siswa diajak untuk belajar dari pengalaman dan lingkungan sekitar mereka,” kata Gunanto.

Ia juga berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi siswa untuk berkontribusi dalam memecahkan masalah di lingkungan sekitar mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Kontak Kami

Alamat : Jl. Pendidikan No. 2 Tanggulangin, kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah.