SEKILAS INFO
: - Senin, 30-01-2023
  • 1 tahun yang lalu / Ujian Sekolah tinggal menghitung hari, pergunakan waktumu sebaik mungkin untuk belajar.      
  • 1 tahun yang lalu / Bulan Ramdhan tinggal menghitung hari, mari sucikan diri dan hati memohon ridho Ilahi
Guru SMP Negeri 1 Punggur Antusias Terapkan Kurikulum Merdeka

Antusiasme guru-guru SMP Negeri 1 Punggur untuk memiliki sekolah unggul patut diacungi jempol. Tak puas dengan menggelar In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka 31 Mei, 13-15 Juni 2022 , Selasa (14-6) segenap guru yang mengajar di kelas VII pada tahun pelajaran 2022/2023 dengan didampingi oleh kepala SMP Negeri 1 Punggur (Slamet Wardoyo, S.Pd., M.A.), wakil kepala sekolah bidang kurikulum (Drs. Ungkuryadi) dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan (Supriyanto, S.Pd.)  juga  menimba ilmu langsung ke SMP Negeri 1 Trimurjo. Maklum sekolah yang dituju ini sudah lebih dulu menerapkan kurikulum baru tersebut sebagai sekolah penggerak yang menjadi sasaran implementasi kurikulum prototipe sebagai bakal kurikulum merdeka. Saking semangatnya, kami bak murid TK saja. Meskipun kunjungan ke sekolah tersebut dijadwalkan pukul 8.00, beberapa orang di antaranya sudah tiba pukul 7, dan sekitar pukul 7.30 lima belas orang guru yang tediri dari 12 orang guru mapel, 1 orang guru BK , waka kesiswaan dan waka kuriulum yang dipercaya untuk belajar mengenai program, perangkat, menejemen, dan operasional kurikulum merdeka sudah berkumpul di depan sekolah.

Antusiasme guru SMP Negeri 1 Punggur dalam mempelajari kurikulum merdeka sesuai dengan kesepakatan pilihan warga sekolah untuk Implementasi Kurikulum Merdeka secara Mandiri Berubah, dan tertuang dalam SK KEPUTUSAN KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 027/H/KR/2022 TENTANG SATUAN PENDIDIKAN PELAKSANA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI JALUR MANDIRI PADA TAHUN AJARAN 2022/2023 TAHAP II pada nomor urut 13.482.

“Wah ini bukan kamuflase, bukan hanya lipstik,” ujar Karsono, salah seorang guru yang tampak terkesan dengan sikap Kepala SMP Negeri Trimurjo Prayitno Untoro, S.Pd., M.M. dan sejumlah guru yang begitu ramah dan terbuka saat penyambutan. Padahal, sambutan kondisi sekolah dan lingkugan yang bersih dan sejuk saja, sudah merupakan sambutan yang cukup bersahabat. Karenanya, saat kepala sekolah dan guru menunjukkan sejumlah perangkat kurikulum merdeka yang harus dimiliki, mekanisme penerapan, mengoordinasikan guru dan karyawan, serta bagaimana guru dan wali kelas mengondisikan murid dan mengelola kelas, berbagai pertanyaan pun mereka lontarkan. Guru-guru SMP Negeri 1 Punggur tampak antusias, saling sharing menimba ilmu dan pengalaman dari sekolah ini.

“Kami akan terapkan pengalaman yang kami dapat dari sekolah ini,” ujar Slamet Wardoyo, S.Pd., M.A., kepala SMP Negeri 1 Punggur. Kalaupun ada yang masih kurang atau sulit diterapkan di SMPN 1 Punggur, beliau berharap SMP N 1 Trimurjo tidak bosan untuk menjadi tempat sharing, secara pribadi maupun mengikutsertakan sejumlah guru terkait. Kegiatan kunjungan ini merupakan satu rangkaian dengan kegiatan IHT IKM yang dilaksanakan secara luring di SMP Negeri 1 Punggur, liputan hari pertama di sini dan hari kedua di sini. [prt]

Dokumentasi Kegiatan.

Rombongan guru SMP Negeri 1 Punggur disambut oleh Kepala SMP Negeri 1 Trimurjo

Guru SMP Negeri 1 Punggur belajar langsung kepada guru SMP Negeri 1Trimurjo sesuai mata pelajarannya.

Guru SMP Negeri 1 Punggur semangat mengikuti belajar ke sekolah penggerak SMP Negeri 1 Trimurjo

 

4 komentar

Helmi Wijayanti, Kamis, 16 Jun 2022

Semoga perjuangan seluruh warga SMPN 1 Punggur untuk mewujudkan merdeka belajar benar-benar terwujud..semangat

Balas

    Muhanas, Kamis, 16 Jun 2022

    Semangat terus dalam membangun Negeri…

    Balas

Puranti, Kamis, 16 Jun 2022

Semangat bapak ibu guru, semoga dg kurikulum merdeka SMPN 1 Punggur semakin maju

Balas

Titin, Kamis, 16 Jun 2022

Pokoknya semangat, mudah”an dgn kurikulum merdeka belajar SMP N 1 Punggur makin maju

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Daftar Guru

Video Terbaru