SEKILAS INFO
: - Senin, 30-01-2023
  • 1 tahun yang lalu / Ujian Sekolah tinggal menghitung hari, pergunakan waktumu sebaik mungkin untuk belajar.      
  • 1 tahun yang lalu / Bulan Ramdhan tinggal menghitung hari, mari sucikan diri dan hati memohon ridho Ilahi
SMP Negeri 1 Punggur Menyelenggarakan IHT untuk persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka (Bagian 2)

Senin, 13 Juni 2022, adalah hari ke-2 pelaksanaan In-House Training (IHT) dengan materi Implementasi Kurikulum Merdeka. Pada hari ini, diagendakan dengan materi Sosialisasi  Kurikulum Merdeka dan implementasinya secara mandiri dengan narasumber Bapak Sadina, S.Pd., M.Pd. (Pengembang Kurikulum Ahli Muda Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Tengah) dan Pengimbasan Implementasi Kurikulum Merdeka dari Sekolah Penggerak  dengan narasumber Bapak Prayitno Untoro, S.Pd., M.M. (Kepala SMP Negeri 1 Trimurjo). Acara dilaksanakan dari pukul 08.00 sampai dengan 15.00, diselingi dua kali istirahat. Acara hari ini, adalah kelanjutan dari IHT sebelumnya yang telah dimulai tanggal 31 Mei 2022 dengan materi instalasi dan pemanfaatan platform merdeka mengajar, liputannya di sini.

Sesi 1 diisi menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan pengarahan oleh Kepala SMP Negeri 1 Punggur, Bapak Slamet Waardoyo, S.Pd., M.A.. Kepala Sekolah menegaskan bahwa SMP Negeri 1 Punggur telah bertekad untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka bagi murid kelas 7 tahun pelajaran 2022/2023.  Untuk itu, sekolah memfasilitasi guru dalam peningkatan kompetensi dalam berbagai bidang terkait Kurikulum Merdeka melalui IHT, pelatihan mandiri, termasuk penyediaan buku murid.

Sesi 2 diisi oleh Bapak Sadina, S.Pd., M.Pd. dengan materi tentang bagaimana sekolah memulai menerapkan Kurikulum Merdeka. Pada awalnya sekolah harus menyusun Dokumen 1 KTSP yaitu Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), di sini semua warga sekolah harus terlibat aktif, khusus dalam penyusunan visi sekolah, maka visi seyogyanya singkat, padat, mudah dihafal oleh seluruh guru dan murid. Selanjutnya sekolah harus memastikan setiap guru mengaktifkan akun belajar.id, menggunakannya untuk mengakses platform merdeka mengajar dan link terkait implementasi kurikulum merdeka lainnya yang telah disediakan oleh Kementrian Pendidikan. Selain itu guru juga harus aktif dalam meningkatkan kualitas asesmen, dan dapat ikut serta meramaikan asesmenpedia di laman http://pusmenjar.kemdikbud.go.id/asesmenpedia/. Ditambahkan oleh Pak Sadina, bahwa guru harus membiasakan menyusun soal literasi dan numerasi, berlaku untuk semua mata pelajaran, bukan hanya untuk mata pelajaran tertentu saja.

Sesi 3 diisi oleh Bapak Usa Heriyatno, S.Pd., M.M. Pak Usa, begitulah panggilan akrab beliau, lebih menekankan pada kesungguhan guru untuk menerapkan Kurikulum Merdeka secara mandiri, dimulai dari diri sendiri siap sedia berubah. Guru harus mampu menjadi teladan bagi murid dan rekan sejawatnya. Jadwal KBM seharusnya selalu ditepati, jangan sampai kelas kosong.

Sesi 4 diisi oleh Bapak Prayitno Untoro, S.Pd., M.M. Pak Prayit mengulas sedikit perjalanan SMP Negeri 1 Trimurjo sebagai Sekolah Penggerak, diawali dengan seleksi sampai mengikuti seluruh program sekolah penggerak yang ternyata sangat menyita waktu dan tenaga juga biaya. Beliau juga menyampaikan, awal pelaksanaan program sekolah penggerak, terjadi banyak mispersepsi terhadap elemen kurikulum prototipe (kurikulum merdeka) dan baru diluruskan setelah beberapa waktu (bulan) kemudian. SMP Negeri 1 Punggur yang mengambil inisiatif Merdeka Berubah akan lebih mudah menerapkan Kurikulum Merdeka, karena dapat belajar dari sekolah lain yang telah melaksanakan tahun sebelumnya. Hal lain yang membuat lebih mudah adalah kesediaan sekolah menyelenggarakan IHT untuk persiapan implementasi kurikulum merdeka, ini akan snagat membantu guru. Di akhir sesi, Pak Prayit menampilkan video pelaksanaan projek sekolah yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Trimurjo, banya pelajaran yang dapat diambil di kegiatan projek tersebut.

Pada bagian akhir, ketua panitia IHT, Bapak Drs. Ungkuryadi menyampaikan program untuk hari ke-3 berupa kunjungan ke SMP Negeri 1 Trimurjo, yang akan dilaksanakan pada Hari Selasa, tanggal 14 Juni 2022, liputannya dapat dibaca di sini.

Beberapa dokumentasi kegiatan IHT, Senin, 13 Juni 2022.

 

3 komentar

Helmi Wijayanti, Senin, 13 Jun 2022

Komitemen dari seluruh warga sekolah merupakan kunci keberhasilan dalam implementasi kurikulum merdeka di.SMPN 1 Punggur

Balas

Guru SMP Negeri 1 Punggur Antusias Terapkan Kurikulum Merdeka - SMP NEGERI 1 PUNGGUR, Kamis, 16 Jun 2022

[…] IHT IKM yang dilaksanakan secara luring di SMP Negeri 1 Punggur, liputan hari pertama di sini dan hari kedua di sini. […]

Balas

Titin, Kamis, 16 Jun 2022

Kerjasama yg solid sebagai warga sekolah untuk memajukan sekolah

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Daftar Guru

Video Terbaru