SEKILAS INFO
: - Senin, 30-01-2023
  • 1 tahun yang lalu / Ujian Sekolah tinggal menghitung hari, pergunakan waktumu sebaik mungkin untuk belajar.      
  • 1 tahun yang lalu / Bulan Ramdhan tinggal menghitung hari, mari sucikan diri dan hati memohon ridho Ilahi

SMP Negeri 1 Punggur pada tahun 2022 berkesempatan mengikuti Lomba Green School tingkat Kabupaten Lampung Tengah. Informasi lomba diperoleh pada akhir bulan Mei 2022. Berdasarkan informasi lomba, maka sekolah memperkuat tim yang sebelumnya telah ada yaitu Tim Sekolah Ramah Anak (SRA) di mana di dalam tim tersebut terdapat Bidang Lingkungan dan Kesehatan yang dikoordinatori oleh ibu Lismayana, S.Pd. Dengan arahan ketua Tim SRA, Ibu Helmi Wijayanti, S.Pd. dan kerjasama dengan para Koordinator Bidang lainnya serta sebagian guru, maka tim Green School SMP Negeri 1 Punggur segera menyiapkan diri mengikuti lomba tersebut, dimulai dengan menyusun program kegiatan. Program ini intinya dimulai dengan evaluasi diri, melihat kondisi existing (saat ini) terhadap kondisi sekolah baik dari segi sarana prasarana serta kondisi pelibatan murid dan guru/tenaga kependidikan dalam kepedulian terhadap tanaman dan lingkungan hidup. Selanjutnya tim melakukan upaya pembenahan sehingga sekolah lebih bersih dan hijau.

Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, kondisi lingkungan SMP Negeri 1 Punggur belum sepenuhnya bersih. Terbukti masih banyak ditemui sampah baik di koridor maupun di tempat-tempat yang tidak banyak dijangkau oleh warga sekolah. Tidak berlebihan rasanya, jika dikatakan bahwa kondisi ini disebabkan masih rendahnya kesadaran warga sekolah, terutama peserta didik dan guru terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sebagai tanggung jawab bersama. Melalui program ‘GREEN SCHOOL’, diharapkan mampu mengatasi kondisi tersebut. Program ini pada dasarnya dimaksudkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih bersih, lebih sehat, dan lebih ramah lingkungan. Bahwasanya setiap pendidik memiliki keyakinan bahwa setiap sudut sekolah merupakan tempat belajar, sehingga perlu diciptakan suasana yang mendukung bagi pembelajaran. Kebersihan lingkungan belajar, baik di dalam maupun di luar kelas akan memberikan kenyamanan belajar dan menumbuhkan kreativitas belajar.

Menciptakan suasana belajar yang demikian tidak cukup dengan menempatkan sejumlah fasilitas kebersihan seperti tempat sampah di tempat-tempat tertentu. Pemasangan poster-poster yang berisi slogan/ajakan untuk berperilaku hidup bersih kenyataannya belum mampu menumbuhkan kesadaran warga sekolah terutama peserta didik untuk tidak membuang sampah sembarangan. Program Green School dimaksudkan untuk mengubah pola pikir dan perilaku warga sekolah mengenai pentingnya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Selain itu, program ini dimaksudkan untuk mengakomodasi pelaksanaan pembelajaran kompetensi keterampilan melalui berbagai cabang kegiatan. Salah satunya pengelolaan lahan tidur yang tersebar di areal sekolah untuk dimanfaatkan sebagai lahan yang dapat ditanami dengan jenis tumbuhan tertentu yang memiliki nilai ekonomis.

Dengan persiapan yang singkat, tidak sampai 10 hari, alhamdulillah Tim Penilai Lomba Green School tingkat Kabupaten Lampung Tengah telah selesai melaksanakan penilaian pada hari Kamis, tanggal 10 Juni 2022. Tim terdiri atas 4 orang pengawas, yaitu: Ibu Dra. Menak Ibu, M.M., Ibu Rumyati, S.Pd., M.M., Ibu Eti Sulastri, S.Pd., M.M., dan Bapak Agus Hariana, S.Pd. Penilaian dilaksanakan sesuai dengan Surat Perintah Tugas dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Tengah, berlangsung dari pukul 09.45 – 12.00. Hasil penilaian belum diketahui sampai dengan tulisan ini disusun, informasinya akan diumumkan tanggal 15 Juni 2022 dalam acara Peringatan Hari Ulang tahun Kabupaten Lampung Tengah.

Berikut ini sebagian dokumentasi kegiatan penilaian Lomba Green School tingkat Kabupaten Lampung Tengah.

Kegiatan koordinasi Tim Penilai dengan Tim Green School SMP Neger 1 Punggur 2022 di ruang meeting.

Sambutan Kepala SMPN 1 Punggur, Bapak Slamet Wardoyo, S.Pd. kepada Tim Penilai Lomba Green School Tingkat Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2022.

Tim Penilai meninjau lokasi Green House SMP Neger 1 Punggur.

Tim Penilai melihat tanaman di dalam Green House.

Tim Penilai mengecek hijaunya taman depan Kelas

Tim Penilai mengecek hijaunya taman di depan Masjid Al-Muttaqin.

Tim Penilai Lomba Green School Kabupaten Lampung Tengah mengecek ruang laboratorium

 

Tim Penilai Lomba Green School Kabupaten Lampung Tengah mengecek ruang Guru

Tim Penilai Lomba Green School Kabupaten Lampung Tengah (Ibu Eti) mengecek ruang UKS

Tim Penilai Lomba Green School Kabupaten Lampung Tengah (Ibu Eti dan Ibu Rumyati) mengecek gedung aula yang sedang dalam proses pembangunan.

Tim Penilai Lomba Green School Kabupaten Lampung Tengah mengecek ruang perpustakaan.

Berdasarkan informasi, Hasil lomba Green School Tingkat Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2022 yang dirilis tangal 15 Juni 2022 adalah sebagai berikut.

  1. SMP Negeri 1 Kota Gajah
  2. SMP Negeri 1 BANGUNREJO
  3. SMP Negeri 1 KALIREJO
  4. SMP Negeri 1 SENDANG AGUNG
  5. SMP NEGERI 3 TERUSAN NUNYAI

9 komentar

Eti Sulastri, Jumat, 10 Jun 2022

Layak menjadi juara 1,semua lengkap, memenuhi syarat

Balas

Helmi Wijayanti, Jumat, 10 Jun 2022

Menjadi juara sudah pasti harapan besar yg tak kalah penting adalah menjaga lingkungan agar tetap bersih, asri, hijau n nyaman menjadi sebuah pembiasaan bagi warga SMPN 1 Punggur..Go Green.

Balas

AGUS, Jumat, 10 Jun 2022

Alhamdulillah semoga yang diinginkan tercapai. Yang terpenting adalah bagaimana sekolah menjadi lingkungan yang sehat, bersih, indah rindang dan nyaman untuk anak anak dan warga sekolah.

Balas

Rumyati, Jumat, 10 Jun 2022

MANTAB,,,!!
SMP Negeri 1 Punggur Layak meraih Juara 1 Lomba Green School, karena semua nampak Optimal.

Balas

Siti Asiyah, Jumat, 10 Jun 2022

Semoga mendapat hasil terbaik dan berkah,maju terus SMPN1 Punggur👍

Balas

AGUS, Jumat, 10 Jun 2022

Alhamdulillah, semoga tercapai keinginannya. Dan yang lebih penting untuk SMPN 1 Punggur adalah membuat sekolah lebih sehat, bersih, indah, nyaman agar warga sekolah dan anak anak lebih krasan disekolah.

Balas

Sulis Retno, Jumat, 10 Jun 2022

Menjadi lebih baik selamanya,bukan hanya sesaat saja. SMP Negeri 1 Punggur Jaya. Pokok e 👍 💪

Balas

Dra .Menak Ibu, MM, Jumat, 10 Jun 2022

SMP negeri 1 Punggur layak meraih juara satu lomba green school karena semua ada

Balas

Titin, Senin, 13 Jun 2022

Alhamdulillah, semoga tercapai yg di harapkan, semoga ke depannya lebih maju dan sukses selalu, dan selamat buat tim dan warga sekolah atas semua kerja samanya untuk mewujudkan sesuai harapan

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Daftar Guru

Video Terbaru