SEKILAS INFO
: - Senin, 30-01-2023
  • 1 tahun yang lalu / Ujian Sekolah tinggal menghitung hari, pergunakan waktumu sebaik mungkin untuk belajar.      
  • 1 tahun yang lalu / Bulan Ramdhan tinggal menghitung hari, mari sucikan diri dan hati memohon ridho Ilahi

Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka jalur mandiri yang diawali dengan pendataan yang dilakukan oleh Kemendikburistek dimaksudkan untuk melihat kesiapan satuan pendidikan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Harapan dari pendataan ini adalah Kemendikburistek dapat melihat sejauh mana kesiapan satuan pendidikan yang nantinya akan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka kedepannya dan tidak memaksakan implementasi secara masif.

Pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan untuk menentukan pilihan berdasarkan angket kesiapan IKM yang mengukur bagaimana kesiapan guru dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka. Pada angket pendataan yang dikembangkan dan diisi oleh guru dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan tidak ada pilihan yang paling benar, semua akan menyesuaikan dengan kesiapan satuan pendidikan. Angket kesiapan memberikan pilihan yang paling sesuai terkait kesiapan satuan pendidikan, di mana semakin sesuai maka semakin efektif Implementasi Kurikulum Merdeka yang akan dilaksanakan di satuan pendidikan.

Pilihan pertama adalah Mandiri Belajar, pilihan yang memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan saat menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10. Pilihan kedua yaitu Mandiri Berubah, pilihan yang memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan saat menerapkan Kurikulum Merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10. Dan pilihan ketiga yang merupakan Mandiri Berbagi, pilihan yang memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.

Nah, dengan pertimbangan bahwa SMP Negeri 1 Punggur memiliki komitmen mengikuti perubahan, maka memilih pilihan kedua yaitu Mandiri Berubah. Strategi yang dipilih menyesuaikan kemampuan sekolah dan memanfaatkan peluang yang ada di sekitar sekolah (adanya pengawas, Sekolah penggerak, LPMP, dan narasumber lainnya). Langkah konkret yang segera dilakukan adalah melakukan sosialisi kepada guru, murid, orang tua, dan pihak terkait. Sekolah mengadakan Inhouse Training (IHT) untuk menyiapkan diri dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara mandiri, sehingga sekolah siap mulai tahun pelajaran 2022/2023.

IHT yang akan dilaksanakan, terdiri atas beberapa kegiatan dengan berbagai materi dan narasumber berbeda. Berikut ini jadwal kegiatan IHT yang sudah dan akan dilaksanakan.

Hari pertama: Dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 31 Mei 2022

Kegiatan ini dilanjutkan dengan mengikuti pelatihan mandiri peserta melalui platform merdeka mengajar.

Hari Kedua: akan dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 13 Juni 2022

Hari Ketiga: akan dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 14 Juni 2022

Kegiatan berupa belajar langsung perwakilan guru mata pelajaran SMP Negeri 1 Punggur ke guru sekolah penggerak (SMP Negeri 1 Trimurjo).

Hari Keempat: akan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 15 Juni 2022

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengembangkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang merupakan platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk pendidik dalam mewujudkan Pelajar Pancasila yang memiliki fitur Belajar, Mengajar, dan Berkarya.

Platform Merdeka Mengajar menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka, dalam fitur Mengajar, ada fitur perangkat ajar yang dapat digunakan oleh guru dan tenaga kependidikan dalam mengembangkan diri, saat ini tersedia lebih dari 2000 referensi perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Fitur asesmen murid yang dikembangkan untuk membantu guru dan tenaga kependidikan melakukan analisis diagnostik terkait kemampuan peserta didik dalam literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

Platform Merdeka Mengajar memberikan kesempatan yang setara bagi guru untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensinya kapanpun dan dimanapun guru berada. Fitur Belajar pada Platform Merdeka Mengajar memberikan fasilitas pelatihan mandiri yang memberikan kesempatan kepada guru dan tenaga kependidikan untuk dapat memperoleh materi pelatihan berkualitas dengan mengaksesnya secara mandiri. Fitur lain dari Belajar adalah Video Inspirasi, fitur ini memberikan kesempatan kepada guru dan tenaga kependidikan bisa mendapatkan beragam video inspiratif untuk mengembangkan diri dengan akses tidak terbatas yang pada akhirnya adalah mengembangkan kualitas dari kompetensinya dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.

Platform Merdeka Mengajar mendorong guru untuk terus berkarya dan menyediakan wadah berbagi praktik baik. Fitur lainnya adalah Berkarya, dimana fitur ini adalah memberikan “Bukti Karya Saya” yang merupakan best practice dari hasil implementasi pembelajaran terutama terkait best practice pembelajaran pada Kurikulum Merdeka, guru dan tenaga kependidikan dapat membangun portofolio hasil karyanya agar dapat saling berbagi inspirasi dan berkolaborasi sehingga guru dapat maju bersama.

Platform Merdeka Mengajar yang dikembangkan diharapkan mampu menjadi teman bagi guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dengan semangat kolaborasi dan saling berbagi. Konten-konten yang dikembangkan oleh kemendikbudristek memberikan pemahaman lebih saat implementasi dan pembelajaran di satuan pendidikan yang telah ikut serta dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.

Berikut ini dokumentasi untuk kegiatan Hari ke-1, IHT IKM, hari Selasa, tanggal 31 Mei 2022.

4 komentar

Helmi Wijayanti, Kamis, 2 Jun 2022

Semoga kurikulum Merdeka dapat diterapkan di SMPN 1 Punggur..semangat..semangat

Balas

Sulis Retno, Jumat, 10 Jun 2022

Luar biasa. Mantap IHT IKM.💪👍

Balas

SMP Negeri 1 Punggur Menyelenggarakan IHT untuk persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka (Bagian 2) - SMP NEGERI 1 PUNGGUR, Senin, 13 Jun 2022

[…] Senin, 13 Juni 2022, adalah hari ke-2 pelaksanaan In-House Training (IHT) dengan materi Implementasi Kurikulum Merdeka. Pada hari ini, diagendakan dengan materi Sosialisasi  Kurikulum Merdeka dan implementasinya secara mandiri dengan narasumber Bapak Sadina, S.Pd., M.Pd. (Pengembang Kurikulum Ahli Muda Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Tengah) dan Pengimbasan Implementasi Kurikulum Merdeka dari Sekolah Penggerak  dengan narasumber Bapak Prayitno Untoro, S.Pd., M.M. (Kepala SMP Negeri 1 Trimurjo). Acara dilaksanakan dari pukul 08.00 sampai dengan 15.00, diselingi dua kali istirahat. Acara hari ini, adalah kelanjutan dari IHT sebelumnya yang telah dimulai tanggal 31 Mei 2022 dengan materi instalasi dan pemanfaatan platform merdeka mengajar, liputannya di sini. […]

Balas

Guru SMP Negeri 1 Punggur Antusias Terapkan Kurikulum Merdeka - SMP NEGERI 1 PUNGGUR, Kamis, 16 Jun 2022

[…] satu rangkaian dengan kegiatan IHT IKM yang dilaksanakan secara luring di SMP Negeri 1 Punggur, liputan hari pertama di sini dan hari kedua di sini. […]

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Daftar Guru

Video Terbaru